Ilmu Peteranakan

cHaLiK

Senin, 14 Desember 2009

gamal sebagai pakan ternak ruminansia

Gamal Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

oleh : chalik_pet 07 (uin alauddin makassar)

Gamal

Pemberian daun gamal (gliricidia) segar pada domba dapat meningkatkan pertambahan bobot badan, penampilan, reproduksi dan produksi. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman leguminosa pohon tropis yang multi fungsi baik sebagai kayu bakar, tanaman pagar, pakan ternak dan pencegah erosi.

Menurut hasil kajian di lapangan oleh Putu Suratmi dari BPTP Bali, gamal banyak dijumpai dan tersebar luas di seluruh pelosok pedesaan dan mudah tumbuh hampir di semua tempat. Namun pemanfaatan dan pembudidayaannya sebagai sumber pakan ternak belum mendapat perhatian yang serius. Padahal tanaman gamal dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, termasuk jenis tanah yang kurang subur, tanah masam dengan ketinggian sampai 1300 m dpl, dan tahan kekeringan. Gamal bisa ditanam melalui biji maupun stek, tetapi petani umumnya lebih tertarik menanam dengan stek karena pertumbuhannya lebih cepat dan daunnya dapat segera dipotong.

Keberhasilan menanam gamal dengan menggunakan stek sangat tergantung pada tingkat kedewasaan, ukuran dan bagian tanaman yang digunakan sebagai stek. Hasil yang terbaik dalam penanaman gamal yaitu dengan menggunakan stek yang berdiameter 3,6-4,0 cm, kemudian menggunakan batang bawah dan panjang stek 45 cm, masing-masing memiliki tingkat pertumbuhan 60%, 55% dan 70%. Pemotongan pertama untuk tanaman yang ditanam melalui biji, sebaiknya setelah berumur 1-2 tahun dengan tinggi potong 1 meter.

Sebagai pakan ternak ruminansia hijauan, gamal memiliki nilai gizi yang cukup baik yaitu 22,1% bahan kering, 23,5% protein dan 4200 Kcal/kg energi. Untuk mengurangi kadar kumarin yang menyebabkan aroma daun gamal tidak sedap, kadar kumarinnya bisa diturunkan melalui perlakuan pengeringan dengan sinar matahari antara 30-90 menit. Semakin lama waktu penjemuran, semakin banyak kumarin yang hilang. Proses pelayuan pada suhu kamar selama 24 jam dapat menghilangkan kadar kumarin sampai 77%.

Pemberian ransum daun gamal secara kontinyu hingga 100% dan 100-200 g g/ekor/hari konsentrat berpengaruh positif pada domba ekor gemuk yang ditunjukkan dengan meningkatnya bobot badan, kinerja reproduksi dan produksi pada perkawinan kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peternakan
inseminasi
pakan ternak

it's me

it's me
chalik in the bloger